VIDEO PROLOG

Kamis, 03 Desember 2009

Patung Budha 4 Wajah


Melihat patung Buddha empat muka ini berdiri dengan megahnya di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran Surabaya, mengingatkan pada patung yang sama di Thailand, yang menjadi salah satu obyek wisata paling banyak dikunjungi, Erawan Shrine. Tapi ternyata patung di Surabaya ini lebih tinggi daripada di Thailand. Mengagumkan!

Patung setinggi sembilan meter ini menempati area seluas 225 meter. Begitu menjulang dan makin megah karena bahannya dilapis dengan emas murni. Pelapisnya sendiri langsung didatangkan dari Thailand. Hmm..pantas saja, informasi yang saya dapat biaya pembuatan patung ini mencapai lebih dari 4 milyar rupiah.

Patung menempati sebuah bangunan semacam stupa, dimana Sang Buddha duduk di singgasananya. Jika dihitung, tinggi patung dan stupa mencapai 36 M. Karena ada empat muka, mungkin Anda bingung, mana yang disebut sebagai bagian depan. Gampang kok ternyata.Wajah yang menghadap depan adalah yang tangannya memegang tasbih.




Patung ini memiliki filosofi empat kebaikan Budhda, yaitu Buddha adalah welas asih, murah hati, adil (tidak memihak) dan meditasi. Tak heran, jika patung ini juga menjadi salah satu tempat berdoa bagi umat beragama Buddha.

Patung Buddha Empat Muka baru diresmikan pada tahun 2004. Dengan kemegahan dan spektakulernya bangunan, patung ini bisa jadi salah satu obyek wisata menarik Di Surabaya. Nah di Thailand saja menjadi yang paling banyak dikunjungi kan?

1 komentar:

Pengikut